Sabtu, 27 Maret 2010

Retorika (mempengaruhi orang lain dengan bahasa)

Aristoteles menyebutkan 3 cara untuk mempengaruhi manusia. Pertama, anda harus sanggup untuk menunjukkan kepada khalayak bahwa anda memiliki pengetahuan yang luas, kepribadian yang terpercaya, dan status yang terhormat (ethos). Kedua, anda harus menyentuh hati k halayak; perasaan, emosi, harapan, kebencian dan kasih saying mereka (pathos). Para ahli retorika modern menyebutnya dengan imbauan emosional (emotional appeals). Ketiga, anda meyakinkan khalayak dengan mengajukan bukti atau sesuatu yang nyata (kelihatan). Disini anda mendekati khalayak dengan otaknya (logos).
Disamping itu, ada 2 cara lagi yang tergolong ampuh untuk mempengaruhi orang lain. Yaitu, entimem dan contoh. Entimem (bahasa Yunani: “en” didalam dan “thymos” pikiran) adalah sejenis silogisme yang tidak lengkap, tidak untuk menghasilkan pembuktian ilmiah, tetapi untuk menimbulkan keyakinan. Disebut tidak lengkap karena sebagian premis dihilangkan.
Sebagaimana yang anda ketahui bahwa silogisme memiliki 3 premis. Mayor, minor, dan kesimpulan. Semua manusia mempunyai rasa iba (belas kasihan) kepada manusia yang menderita (premis: mayor). Anda manusia (premis minor). Kesimpulannya tentu anda memiliki rasa iba karena anda manusia. Misalnya saya berkata, “tolonglah anak-anak itu. Sebagai manusia, pasti anda memiliki rasa iba ketika melihat orang yang menderita.”
CONTOH juga merupakan cara yang efektif. Ini biasa digunakan oleh produsen untuk mempengaruhi konsumen. Tetapi tidak digunakan juga sepenuhnya. Dengan mengemukakakn beberapa contoh, secara induktif anda membuat kesimpulan umum. Berikut adalah example dari CONTOH yang mana produsen berusaha mempengaruhi konsumennya, (PROMOSI MODE: ON) 99.999 dari 100.000 artis dari seluruh dunia memilih http://mimiensworld.blogspot.com sebagai situs terpopuler sepanjang masa. (promosi kan???udah dibilang masih juga dibaca). Berikut adalah example yang benar2 example alias buka promosi. 9 dari 10 artis memakai sabun LUX. Jadi, sabun LUX adalah sabunnya para artis.
Banyak hal yang harus diperhatikan dalam mempengaruhi orang lain (bukan HIPNOTIS). diantaranya adalah THE FIVE CANONS OF RHETORIC. Inventio (penyampaian), disposition ( penyusunan), elocution (gaya), memorio (memori), dan pronuntiatio (penyampaian).
Nasihat dari kanda Aristoteles, “gunakan bahasa yang tepat, benar, dan dapat diterima akal; pilih kata-kata yang jelas dan langsung; sampaikan kalimat yang indah, mulia, dan hidup; dan sesuaikan bahasa dengan pesan, khalayan dan pembicara. Hal tersebut harus didukung dengan acting yang bagus dalam proses penyampaiannya. Perhatikan olah suara anda. Dan bahasa tubuh (gerakan tubuh) selama berbicara.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Retorika (mempengaruhi orang lain dengan bahasa)"

Posting Komentar

komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu...

thanks for comment...