Senin, 22 Maret 2010

mental hygiene

Satu dari 4 orang mengalami gangguan jiwa (WHO). Percaya tidak percaya, itu fakta yang dirilis oleh WHO. Gangguan jiwa berbeda tipis dengan sakit jiwa. Bila anda atau orang disekeliling anda mungkin sering mengalami depresi, rasa cemas, phobia, mudah marah, sensitive, psikosomatik, dan berbagai gejolak mental lainnya, segeralah bangun. Bangkit dari keterpurukan yang membebani anda. Sering kita melihat di TV tentang pelaku mutilasi, dan pembunuhan dengan kejam oleh keluarga sendiri. Dan pada umumnya pelaku mengalami gangguan jiwa.
Berikut karakteristik yang menunjukkan pribadi seseorang yang bermental sehat.

1. Perkembangan fisiknya normal, sehat, dan berfungsi untuk melakukan tugas-tugasnya.

2. Dari segi psikis, orang-orang yang tergolong sehat pada umumnya: member respek pada orang lain dan dirinya sendiri, memiliki insight dan selera humor, respons emosional yang wajar. Berfikir realistic dan objektif, kreatif & inovatif, terbuka, fleksibel, dan tidak difensif, dan memiliki perasaan bebas.

3. Dari segi social, mereka memiliki perasaan empati dan kasih saying terhadap orang lain, mampu berhubungan dengan orang lain secara sehat, dan merasa bersahabat, toleran, dan tidak membeda-bedakan pergaulan.

4. Dari segi moral, beriman, jujur, dan amanah.


Sedangkan orang-orang yang tidak sehat memiliki sifat-sifat berikut.
1. Perasaan tidak nyaman
2. Perasaan tidak aman
3. Kurang percaya diri
4. Kurang memahami diri sendiri
5. Kurang mendapat kepuasan dalam bersisial
6. Ketidakmatangan emosi
7. Mengalami patologi.

Banyak penyebab terjadinya gangguan jiwa. Dari segi social, ekonomi dan pola pengasuhan orang tua (keluarga). Sikap prefentif sangatlah dibutuhkan dalam hal ini. Berikut kata para ahli:
“terapi terbaik bagi kesehatan mental adalah keimanan kepada tuhan.” (WILLIAM JAMES, PSIKOLOG)
“tidak ada manusia yang terbebas sama sekali dari kemungkinan menderita gangguan jiwa.” DR. TEDDY HIDAYAT, SP. KJ)
“diakui oleh para ahli klinis, psikiater, agamawan, dan konselor bahwa agama merupakan factor penting dalam memelihara dan memperbaiki kesehatan mental. Agama memberikan suasana tenang dan damai.” (PROF. DR. MOhaMMAD SURYA, M. PD)
“bila ingin terhindar dari rasa gelisah, kecemasan, dan ketegangan jiwa serta ingin hidup tenang, saling membahagiakan dengan orang-orang terkasih, hendaklah percaha kepada Tuhan dan mengamalkan ajaran-ajaran agama. Agama adalah kebutuhan jiwa yang harus dipenuhi.” (PROF. DR. ZAKIAH DRAJAT)
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

3 komentar: on "mental hygiene"

luckystriker mengatakan...

mungkin salah satu dari 4 orang tersebut adalah saya...hehehehe...

Anonim mengatakan...

hati-hati kawan...kebanyakan orang-orang tersebut diatas masih belum terdeteksi gangguannya...sebaiknya hati-hati...barangkali ada dari salah satu diantara kalian...

mimien's world mengatakan...

@luckystriker..jangan terlalu merasa..tidak baek untuk jiwa anda...

Posting Komentar

komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu...

thanks for comment...