Senin, 22 Maret 2010

kenakalan remaja (Junevile Deliquency)

Junevile = remaja & Deliquency = kenakalan, penyimpangan, atau pelanggaran. Ini dapat diartikan sebagai “tingkah laku menyimpang yang dilakukan oleh seorang remaja (dibawan 17 tahun). Fuad Hasan (B. Simanjuntak, 1975: 71) mengartikannya sebagai perbuatan anti sosail yang dilakukan oleh anak remaja yang bilamana dilakukan orang dewasa dapat diklasifikasikan sebagai tindak kejahatan. Pengertian lainnya adalah perbuatan remaja yang bertentangan dengan norma agama, social, adat-istiadat, atau hokum yang berdampak buruk, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.
Penyimpangan tersebut contohnya, free sex, vandalism (perusakan), serangan agresif yang mengarah kepada kematian, mengkonsumsi minuman keras, berpakaian tidak senonoh, dan tawuran.menurut sebagian ahli, factor yang mempengaruhi kenakalan remaja adalah karena factor keturunan biologis). Namun pendapat tersebut dibantah oleh para ahli lain, seperti Ashley Montague (B. Simanjuntak, 1975: 99) yang berpendapat bahwa tak ada bukti bahwa seseorang diwarisi tingkah lakun jahat. Kejahatan adalah kondisi social, bukan biologis.

Upaya Pencegahan (prefentif)
- Menciptakan iklim kekeluargaan yang harmonis
- Memberi teladan kepada anak
- Mengontrol/mengawal penjualan alat kontrasepsi
- Pemerintah berupaya untuk menekan penjualan minuman keras dan obat-obatan dan memberikan hukuman atau sanksi yang berat kepada pelanggarnya
- Menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin untuk menekan tingkat pengangguran
- Mengembangkan sikap social yang positif
- Memberikan kursus keterampilan kerja kepada remaja yang menganggur
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

3 komentar: on "kenakalan remaja (Junevile Deliquency)"

cipu mengatakan...

Wuah, jarang lo blog yang bahas masalah kenakalan remaja. Isu ini sempat menyeruak beberapa tahun yang lalu. tapi entah mengapa sekarang tenggelam oleh isu isu politik.

Okkots mengatakan...

Pendapat mimin tentang needle exchange program yang pernah dicanangkan di Baltimore USA apa?? Setuju nggak?

mimien's world mengatakan...

saya setuju dengan itu. Karena tujuannya baik. Needle Exchange (pertukaran jarum suntik) menurut penelitian katanya bisa menekan penyebaran virus HIV. Mudah2an memang begitu...

Posting Komentar

komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu...

thanks for comment...