free counters
Get paid To Promote at any Location

Jumat, 26 Maret 2010

pengembangan emosi remaja


Upaya Mengembangkan Emosi Remaja dan Implikasinya Bagi Pendidikan
Intervensi pendidikan dalam upaya pengembangan emosi remaja untuk mengembangkan kecerdasan emosional, salah satunya menggunakan intervensi yang dikemukakan oleh W. T. Grant Consortium tentang “Unsur-unsur Aktif Program Pencegahan”, yaitu sebagai berikut:
1.       Pengembangan Keterampilan Emosional
Cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan emosional individu adalah
a.       Mengidentifikasi dan member nama atau label perasaan
b.      Mengungkapkan perasaan
c.       Menilai intensitas perasaan
d.      Mengelola perasaan
e.      Menunda pemuasan
f.        Mengendalikan dorongan hati
g.       Mengurangi stress, dan
h.      Memahami perbedaan antara perasaan dan tindakan.

2.       Pengembangan Keterampilan Kognitif
Cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan kognitif individu adalah sebagai berikut
a.       Belajarlah melakukan dialog bathin sebagai cara untuk mengatasi masalah atau memperkuat perilaku diri sendiri
b.      Belajar membaca dan menafsirkan isyarat sisoal, misalnya mengenali perilaku social terhadap perilaku dan melihat diri sendiri dalam perspektif masyarakat yang lebih luas
c.       Belajar menggunakan langkah-langkah penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan, misalnya mengendalikan dorongan hati, menentukan sasaran, mengidentifikasi tindakan-tindakan alternative, dan memperhitungkan akibat yang akan timbul
d.      Belajar memahami sudut pandang orang lain (empati)
e.      Belajar memahami sopan santun, yaitu perilaku mana yang dapat diterima dan mana yang tidak
f.        Belajar bersikap positif terhadap kehidupan
g.       Belajar mengembangkan kesadaran diri, misalnya mengembangkan harapan-harapan yang realistis tentanmg diri sendiri.
3.       Pengembangan Keterampilan Perilaku
a.       Mempelajari keterampilan komunikasi non verbal, misalnya berkomunikasi melalui pandangan mata, ekspresi wajah, gerak-gerik, posisi tubuh, dan sejenisnya
b.      Mempelajari keterampilan komunikasi verbal, misalnya mengajukan permintaan dengan jelas, mendeskripsikan sesuatu kepada orang lain dengan jelas, menanggapi kritik secara efektif, menolah pengaruh negative.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "pengembangan emosi remaja"

Posting Komentar

komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu...

thanks for comment...