Senin, 29 Maret 2010

pedoman penulisan skripsi bab 1 (part 3)

F. Asumsi Penelitian
Asumsi penelitian adalah anggapan-anggapan dasar tentang suatu hal yang dijadikan pijakan berpikir dan bertindak dalam melaksanakan penelitian. Misalnya, peneliti mengajukan asumsi bahwa sikap seseorang dapat diukur dengan menggunakan skala sikap. Dalam hal ini ia tidak perlu membuktikan kebenaran hal yang diasumsikannya itu, tetapi dapat langsung memanfaatkan hasil pengukuran sikap yang diperolehnya. Asumsi dapat bersifat substantif atau metodologis. Asumsi substantif berhubungan dengan permasalahan penelitian, sedang¬kan asumsi metodologis berkenaan dengan metodologi penelitian.

G. Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian
Yang dikemukakan pada bagian ruang lingkup adalah variabel-variabel yang diteliti, populasi atau subjek penelitian, dan lokasi penelitian. Dalam bagian ini dapat juga dipaparkan penjabaran variabel menjadi subvariabel beserta indikator-indikatornya.

H. Definisi Operasional/Istilah
Definisi opersional atau definisi istilah diperlukan apabila diperkirakan akan timbul per¬bedaan pengertian atau kekurangjelasan makna seandainya penegasan istilah tidak diberikan.
Istilah yang perlu diberi penegasan adalah istilah-istilah yang berhubungan dengan konsep-¬konsep pokok yang terdapat di dalam skripsi. Kriteria bahwa suatu istilah mengandung konsep pokok adalah jika istilah tersebut terkait erat dengan masalah yang diteliti atau variabel penelitian. Definisi operasional disampaikan secara langsung, dalam arti tidak diuraikan asal-usulnya. Definisi operasional lebih dititikberatkan pada pengertian yang diberikan oleh peneliti.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "pedoman penulisan skripsi bab 1 (part 3)"

Posting Komentar

komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu...

thanks for comment...