Minggu, 28 Maret 2010

cara mengetahui berat blog dan posisi di search engine

Dalam membuat sebuah blog, kita tentu ingin membuat pembaca atau pengunjung menjadi terkesan dengan blog kita. Mulai dari tampilan yang menawan, widget yang berguna, dan warna yang enak dipandang mata alias tidak mencolok. dan yang paling penting adalah artikel yang menarik, unik, dan up to date. Namun dalam pelaksanaannya, kita sering melupakan hal penting, yaitu ukuran berat blog kita (size).

Percuma mempunyai desain blog yang bagus, warna yang pas, dan widget yang banyak kalau ukurannya sangat besar. Karena ukuran tersebut berpengaruh juga bagi si pembaca. Bukannya mereka membaca artikel kita, tapi malah lari karena loadingnya sangat-sangat lambat. Saya pernah membuka salah satu blog dari blogger yang artikelnya sangat-sangat saya butuhkan. Blognya memang bagus. Penuh iklan dan widget yang kelap-kelip dan berwarna-warni. Namun loadingnya minta ampun. Saya putuskan untuk tidak membuka blog itu dan mencoba untuk mencari artikel di blog lain saja. Bayangkan kalau ada 1.000 orang yang melakukan hal tersebut di blog kita? seharusnya kita sudah mendapatkan 1.000 pengunjung, tetapi gara-gara ukuran blog kita, semuanya pada lari.

Berikut adalah link untuk mengecek ukuran blog kita dan posisi blog kita di mesin pencari (search engine). 
Saya tidak memposting aplikasi tersebut dalam postingan ini, tetapi cukup dengan memberikan link saja, tinggal di klik dan masukkan data. beres.

klik disini untuk mengetahui size blog anda
klik disini untuk mengetahui posisi blog anda di search engine


Hasil yang ditampilkan yaitu : Size, Load Time dan Avarege Speed per KB. Yang perlu diperhatikan adalah "Size", karena "Load Time" dan "Avarege Speed per KB" hasilnya akan selalu berubah-ubah. Jika hasil tes menunjukkan blogmu size-nya lebih dari 100 KB, usahakan untuk menguranginya dengan cara mengurangi pernak-pernik yang kurang begitu berguna seperti jam, kalender, dll. Dengan alat ini km juga bisa membandingkan dengan web/blog kepunyaan orang lain.

Selamat mencoba.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

3 komentar: on "cara mengetahui berat blog dan posisi di search engine"

Cipu mengatakan...

Saya suka postingan ini... pantesan blog ku yang www.cipuceb.blogspot.com susah dibuka. berat memangki palenna... sampe lebih 200KB

Okkots mengatakan...

rubrik ini jarang dikupas oleh blogger yang lain, Mink. thanks yah sudah membahas ini.

mimien's world mengatakan...

terimakasih atas komentarnya..sebelumnya, blog ini beratnya 90.75 KB. Namun saya menghilangkan beberapa widget dengan pertimbangan bahwa postingannya harus bermanfaat. Karena pengunjung butuh informasi, bukan kelap-kelip widget..

Posting Komentar

komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu...

thanks for comment...