Jumat, 25 Maret 2011

Pikiran Sadar dan Pikiran Bawah Sadar Manusia

Pola pikir kesadaran manusia dapat dibedakan sebagai pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (subconscious mind). Bukan berarti manusia memiliki 2 macam pikiran, pada dasarnya pikiran manusia itu tetaplah satu, tetapi mempunyai 2 fungsi berbeda yang saling berhubungan dan bekerjasama.

Pikiran sadar kita merupakan pikiran yang menggunakan akal sehat dan logika. Melalui pikiran ini, kita berfikir secara sadar dan secara logis untuk menetapkan sesuatu atau memutuskan pilihan tertentu, misalnya saat kita memilih menu makan siang, memilih pakaian yang kita senangi, buku yang kita baca, dan tempat tinggal yang kita diami. Pikiran sadar berperan aktif dalam pengambilan keputusan tersebut.

Sebaliknya, pikiran bawah sadar merupakan pikiran yang menerima informasi yang telah dianalisis dan diterima oleh pikiran sadar secara serta merta. Pikiran bawah sadar tidak memikirkan alasan-alasan apa yang mendasari informasi tersebut, tidak menganalisis, tetapi hanya menerima informasi itu secara otomatis. Bagian ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan atau memori jangka panjang, emosi, kebiasaan, intuisi, kreativitas, dan kepribadian.

Pikiran sadar berperan dalam menerima informasi yang masuk melalui panca indra, kemudian menganalisis serta memutuskan respons apa yang dilakukan. Dari pikiran sadar, imformasi ini dicerna untuk kemudian dianalisis apakah informasi tersebut benar atau tidak. Jika informasi tersebut dianggap benar, maka informasi tersebut akan diteruskan ke pikiran bawah sadar lalu disimpan disana.

Pikiran bawah sadar memegang peranan yang sangat penting bagi manusia. Saat manusia melakukan sesuatu hal, sering kali hal tersebut berjalan tidak selaras dengan memori atau dengan pikiran bawah sadarnya. 
Sebagai contoh, Anda berencana untuk berolahraga dipagi hari. Namun saat anda terbangun, anda merasakan diri anda masih mengantuk dan kemudian anda memutuskan untuk kembali tidur dan membatalkan rencana anda untuk berolahraga.

Pernahkah anda mengalami hal tersebut diatas? pada contoh tersebut, semua terjadi jika informasi yang disampaikan ke pikiran bawah sadar tidak selaras dengan keinginan di pikiran sadar seseorang. Pada contoh diatas, informasi yang diberikan ke pikiran bawah sadar adalah "pentingnya atau nikmatnya tidur dipagi hari,"
 bukan "pentingnya atau nikmatnya berolahraga dipagi hari." Pada contoh kasus ini, pikiran sadar memahami bahwa olahraga itu penting, tetapi pikiran bawah sadar masih belum menerima informasi tersebut.

copied from dahsyatnya hipnosis
edited by mimiensworld
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Pikiran Sadar dan Pikiran Bawah Sadar Manusia"

Posting Komentar

komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu...

thanks for comment...